Pengaruh Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Proses Pembelajaran - Guruinovatif.id

Diterbitkan 25 Apr 2025

Pengaruh Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Proses Pembelajaran

Media pembelajaran adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan informasi, materi, atau pengalaman belajar kepada peserta didik. Media ini dapat berupa berbagai bentuk.Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan pemahaman, kepemahaman, keterlibatan, dan motivasi peserta

Media Pembelajaran

Rosmiati, S.Pd

Kunjungi Profile
15x
Bagikan

Media pembelajaran adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan informasi, materi, atau pengalaman belajar kepada peserta didik. Media ini dapat berupa berbagai bentuk, seperti:

  • Media cetak: Buku, majalah, brosur, dan handout.

  • Media audio: Rekaman suara, podcast, dan radio.

  • Media visual: Gambar, poster, diagram, dan infografis.

  • Media audiovisual: Video, film, dan presentasi multimedia.

  • Media digital: E-learning, aplikasi pembelajaran, dan platform online.

  • Media Interaktif: Simulasi, permainan edukatif, dan alat peraga.

mBn1dNJTGuqyJUCsAph3BAnQd5l4SKMQHmWUlWO6.jpgPenerapan MPI di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 3 Kepulauan Aru (Dok. Pribadi)

Sedangkan multimedia pembelajaran interaktif (MPI) merupakan alat atau metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar yang memungkinkan interaksi aktif antara peserta didik dengan materi, guru, dan/atau sesama siswa. Media ini tidak hanya menyampaikan informasi tetapi juga mendorong keterlibatan siswa melalui aktivitas seperti menjawab pertanyaan, menyusun puzzle, atau simulasi. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan motivasi peserta didik dalam proses belajar.

Hasil rapor pendidikan SMA Negeri 3 Kepulauan Aru tahun 2024 menunjukan nilai kemampuan numerasi berada level “Kurang” (40% peserta didik sudah mencapai kompetensi minimum) yang menunjukkan kemampuan numerasi kurang dari 40% peserta didik telah mencapai kompetensi minimum untuk numerasi, sehingga perlu upaya mendorong peserta didik dalam mencapai kompetensi minimum.

Menyikapi hal tersebut saya selaku pendidik di SMA Negeri 3 Kepulauan Aru yang mengampuh mata pelajaran matematika termotivasi untuk memperbaiki dan membenahi proses pembelajaran khususnya di mata pelajaran matematika. Salah satu alternatif yang saya gunakan adalah menerapkan multimedia pembelajaran interaktif (MPI). Dan saya sangat terbantu dengan adanya modul pembuatan multimedia pembelajaran interaktif (MPI) yang saya dapatkan waktu mengikuti kegiatan PembaTIK tahun 2024 yang diselenggarakan oleh BLPT Kemendikbudristek. Dengan bekal ilmu tersebut saya mengaplikasikannya di dalam proses pembelajaran matematika di dalam kelas. 

Dalam penerapannya saya juga mengintegrasikan dengan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang saya bawakan. Tidak lupa juga saya juga menggunakan media yang merupakan hasil alam khas Kabupaten Kepulauan Aru yaitu ikan balobo. Hal ini memudahkan peserta didik lebih cepat memahami materi yang saya bawakan.

And finally hasil rapor pendidikan SMA Negeri 3 Kepulauan Aru tahun 2025 menunjukan nilai kemampuan numerasi berada di level  “Sedang” (51,11% peserta didik sudah mencapai kompetensi minimum) 40-70% peserta didik telah mencapai kompetensi minimum untuk numerasi namun perlu upaya mendorong lebih banyak peserta didik dalam mencapai kompetensi minimum. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan 11,11 % dari tahun sebelumnya.

Dengan adanya data hasil rapor pendidikan dan respon langsung dari poeserta didik tenyata penerapan multimedia pembelajaran interaktif (MPI) khususnya dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan kemampuan numerasi, terutama dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik. Namun, tantangan dalam hal teknologi, manajemen waktu, dan partisipasi individu perlu diatasi agar metode ini bisa lebih efektif. Dengan perencanaan yang baik, kombinasi multimedia interaktif  dapat membuat pembelajaran matematika lebih menarik, kolaboratif, dan bermakna.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Penguatan Literasi Digital Melalui SIPOMAS SMP MUH PK Menuju Era Society 5.0
1 min
Wisata Luar Angkasa di Platform Stellarium sebagai Upaya Penguatan Literasi Digital pada Pembelajaran Sains bagi Guru dan Peserta Didik
2 min
Coding Unplugged, Solusi Cerdas Pembelajaran Pemrograman Tanpa Komputer di Sekolah Dasar

Ifan Irfansyah

Mar 17, 2025
3 min
Tidak Hanya Hiburan, Video Bisa Digunakan sebagai Media Pembelajaran saat Kegiatan Belajar Loh!
4 min
Belajar Perkalian Melalui Permainan Domikado Dijamin Siswa Senang
Pembelajaran Diferensiasi melalui "Si Mama" Murid Siap Mandiri Bersama
Komunitas