SAEPULLATIP

- MTs Al Ihya Majenang

Member sejak September 2022 • Kursus Online • Event Online
Metode Mengajar
Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Kurikulum Merdeka merupakan sebuah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dengan mengoptimalkan konten dengan tujuan agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi yang dipelajari. Dalam pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Karakteristik utama dalam pembelajaran pada Kurikulum Merdeka diantaranya :

Seputar Guru
Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan, Indonesia Kuat, Indonesia Maju di 77 HUT PGRI

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) merupakan organisasi keprofesian guru yang berdiri pada tanggal 25 Nopember 1945. Pada zaman Hindia Belanda tahun 1912 para guru pribumi yang terdiri dari guru bantu, guru desa, kepala sekolah dan pemilik sekolah mendirikan sebuah organisasi yang bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) atau Volksoonderwijzersbond. Tujuan berdirinya Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) adalah memperjuangkan nasib setiap anggotanya yang memiliki latar pendidikan yang beragam. Pada tahun 1932 Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) berubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Persatuan Guru Indonesia (PGI) merupakan gabungan beberapa organisasi profesi guru yang ada saat itu seperti Persatuan Guru Bantu (PGB), Persatuan Guru Ambachtshool (PGAS), Volksnoderwijzers Bond (VOB), Oud Kweek Scholieren Bond (PNS), Hogere Kweek Schoileren Bond (HKSB), Persatuan School Opziener (PSO) dan Perserikatan Normal School (PNS). Perubahan nama dengan menyertakan Indonesia menjadi kontroversi pada saat itu. Hal ini karena pemerintah kolonial Hindia Belanda beranggapan bahwa kata “Indonesia” sebagai sebuah bentuk perlawanan terhadap otoritas pemerintah kolonial Hinda Belanda yang tengah berkuasa. Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada masa kedudukan Jepang mengalami kevakuman karena pemerintah kolonial Jepang membekukan dan melarang segala bentuk organisasi yang ada di tanah air. 

Seputar Guru
Menjauhkan Tiga Dosa Besar Pendidikan untuk Menciptakan Sekolah yang Aman dan Nyaman

Sekolah yang aman, nyaman dan disiplin adalah sekolah yang seluruh warga sekolahnya terbebas dari rasa takut, intimidasi, kekerasan seksual dan perundungan sehingga tercipta suasana  kondusif untuk belajar dan hubungan antar warga sekolahnya terjalin positif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis lima regulasi yang mengatur pelaksanaan terciptanya lingkungan sekolah yang aman, nyaman dan menyenangkan. Kelima Permendikbud yang diterbitkan untuk mewujudkan sekolah aman, nyaman dan menyenangkan adalah Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, Permendikbud No. 64 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Lingkungan Sekolah, Permendikbud No. 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan, Permendikbud No. 8 Tahun 2016 tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan, dan Permendikbud No. 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. 

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar