Hafecs HRP

- HRP

Member sejak November 2021 • Kursus Online • Event Online
Metode Mengajar
Yuk Perlu Diketahui! Mengenal Faktor Penghambat Pembelajaran, dan Solusinya

Dalam dunia pendidikan, pembelajaran dalam kelas merupakan faktor dasar dalam membina, mengembangkan, dan mengajari peserta didik. Selama proses pembelajaran, guru pasti akan menghadapi berbagai macam masalah yang terjadi. Masalah-masalah tersebut dapat menjadi faktor penghambat belajar, sehingga peserta didik tidak nyaman berada di kelas dan tidak mengerti apa yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut tentu saja akan menjadi sebuah kegagalan dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, untuk mencapai kesuksesan dalam pembelajaran di kelas, guru harus dapat mengatasi masalah-masalah yang mungkin terjadi.

Cerita Guru
Tiga Cara Identifiakasi Masalah Dalam PBM Di Kelas

Salah satu capaian proses belajar dan mengajar (PBM) di kelas yaitu terciptanya kondisi yang aman, nyaman, dan kondusif, sehingga materi yang diberikan guru kepada siswa dapat diserap dengan baik. Sebaliknya, jika kondisi kelas tidak aman, tidak nyaman, dan tidak kondusif, maka terdapat masalah dan kendala tertentu dalam melaksanakan PBM. Adanya permasalahan maupun kendala di kelas akan berakibat pada kurang maksimalnya hasil belajar siswa. Oleh karenanya, setiap guru perlu mengidentifikasi dan mengupayakan alternatif lain untuk mereduksi masalah tersebut. 

Cerita Guru
Merancang Pembelajaran Untuk Memancing Siswa Berpikir Kritis

Pada Abad ke-21 terjadi peningkatan permintaan terhadap suatu keahlian semakin hari semakin meningkat. Keahlian tersebut seperti, berkolaborasi, berkomunikasi, berinovasi, dan berpikir kritis. Keahlian tadi adalah suatu kebutuhan yang ingin dipenuhi oleh negara untuk mengembangkan perekonomian, dan industri untuk memenuhi sumber daya manusia yang unggul. Salah satu keahlian yang dapat dipupuk sejak masih sekolah adalah berpikir kritis. Berpikir kritis berkaitan dengan rasa penasaran dan eksplorasi yang terbukti saat diskusi dan pertanyaan saat di kelas. Seorang guru memiliki empat kompetensi dasar yaitu, kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan, sosial. Agar siswa memiliki kemampuan berpikir kritis, umpan yang dapat diberikan adalah dengan mengerahkan pengetahuan pedagogik dan pengetahuan materi yang dimiliki untuk merancang pembelajaran 

Metode Mengajar
Menarik Untuk Guru! Merancang Dialog Pedagogik Siswa Untuk Berpikir Kritis Dan Kreatif dengan Model

Proses pembelajaran yang baik di kelas akan mencapai keberhasilan dari beberapa faktor yaitu guru, siswa, fasilitas akademik, dan kurikulum yang ditetapkan. Namun dalam mencapai suatu tujuan  dalam pembelajaran di kelas ada beberapa hambatan yang dialami oleh guru dan siswa. Hambatan yang sering ditemui adalah seperti kelas yang tidak kondusif, siswa yang merasa bosan dengan pembelajaran yang monoton, selain itu juga banyak siswa yang tidak paham dengan materi pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya kemampuan kognitif siswa dalam mencapai pemahaman pembelajaran di kelas. Melalui hambatan tersebut guru di dorong untuk inovatif dalam meningkatkan indeks berpikir siswa salah satunya dengan metode pembelajaran. 

Cerita Guru
Guru Harus Tau! Cara Mengidentifikasi Masalah Di Dalam Kelas

Belajar merupakan suatu proses perubahan perilaku manusia yang mencakup segala sesuatu yang dipikirkan dan dikerjakan. Belajar berperan dalam perkembangan, kebiasaan sikap, keyakinan, sebuah tujuan, dan kepribadian manusia. Dengan kata lain, belajar merupakan serangkaian kegiatan jiwa dan raga dalam interaksi aktif dengan lingkungan. Tujuan belajar adalah untuk memperoleh suatu perubahan berdasarkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan hidup yang baru.

Cerita Guru
DONGENG SEBAGAI STRATEGI PERBAIKAN LITERASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Keringnya wawasan yang dimiliki kaum milenial mengakibatkan kondisi literasi di Indonesia menduduki peringkat 73 dari 79 negara berdasarkan skor Programme for International Student Assessment (PISA) 2018. Capaian peringkat tersebut dalam penilaian PISA selalu konstan sejak keikutsertaan Indonesia dalam penilaian dari tahun 2000 sampai 2018. Dengan hasil yang konsisten berada di peringkat bawah membawa konsekuensi pemikiran bahwa kualitas pendidikan Indonesia tidak sesuai dengan standar masyarakat global dan berada di bawah negara-negara lain di dunia, sehingga perlu adanya gebrakan baru untuk memperbaiki peringkat tersebut. Oleh karena itu, untuk meningkatkan minat baca sedari dini perlu diterapkan agar menjadi suatu kebiasaan hingga dewasa nanti.

Cerita Guru
Menciptakan Nuansa Yang Ceria Pada Tahun Ajaran Baru

Pada awal masuk sekolah, terutama berkenalan dengan orang baru, tentu saja akan ada rasa canggung atau rasa tidak percaya diri saat ingin berkenalan dengan orang yang baru dikenal. Rasa ragu, canggung, dan tidak percaya diri ini umumnya muncul pada kali pertama anak masuk sekolah. Oleh karena itu perlu adanya pembangunan emosional yang menyenangkan antara guru dan juga murid. 

Cerita Guru
Sekolah dan Keterlibatan Orang Tua dalam Mendukung Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar

Sekolah sebagai institusi pendidikan mampu mencetak generasi penerus bangsa yang unggul. Begitu juga dengan orang tua memiliki peran strategis dalam membantu dan meningkatkan pembelajaran anaknya, sehingga sekolah dan orang tua memiliki peranan penting dalam meningkatkan keefektifan belajar. Karenanya, untuk mencapai keefektifan proses belajar mengajar pada siswa, sekolah mengajak orang tua untuk bekerja sama guna meningkatkan kualitas pembelajaran secara langsung. Namun, saat ini tidak semua sekolah bekerja sama dengan para orang tua. Hal ini sangat disayangkan, karena dengan adanya kerja sama antara sekolah dengan orang tua hasil akademik siswa dapat ditingkatkan. Dengan demikian sangat dianjurkan agar sekolah dapat mengajak orang tua untuk bekerja sama guna mendukung pembelajaran ini, khususnya pada kalangan siswa kelas 1-3 Sekolah Dasar (SD). 

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar