GuruInovatif.id telah berhasil menyelenggarakan workshop nasional bersertifikat, yaitu Guru Inovatif Academy ke-42 yang dilaksanakan dalam dua hari, yaitu pada 8-9 November 2024. Workshop ini mengangkat tema “Pembuatan Media Pembelajaran Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaboratif” dengan mengundang Misbahul Falah, S.Pd sebagai narasumber untuk berbagi ilmu dan pengalaman.
Workshop ini berfokus untuk membahas lebih dalam mengenai media pembelajaran visual secara menyeluruh, mulai dari teori yang mendasari hingga pembuatan dan implementasinya dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Dalam proses kegiatan belajar mengajar, media berfungsi sebagai perantara atau benda yang dapat dipergunakan untuk menyampaikan informasi dan pesan yang ingin disampaikan. Media pembelajaran visual sendiri dibutuhkan untuk mempermudah siswa dalam mengerti isi pembelajaran, karena terdapat beberapa siswa yang mungkin mengalami kesulitan dalam memahami materi ketika disampaikan secara verbal. Maka dari situ, di sinilah media pembelajaran visual non-digital mengambil peran.
Tujuan & Manfaat Media Visual dalam Pembelajaran Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa media visual berperan untuk mempermudah siswa dalam menangkap informasi serta pesan yang ingin disampaikan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, terdapat beberapa manfaat media visual pembelajaran yang dapat dirasakan adalah:
Menyamakan persepsi siswa;
Mengkonkretkan konsep-konsep yang abstrak;
Menghadirkan objek-objek yang terlalu berbahaya atau sukar didapat ke dalam lingkungan belajar;
Menampilkan objek yang terlalu besar atau kecil.
Selain manfaat, terdapat juga beberapa tujuan media pembelajaran visual non-digital, yaitu:
Meningkatkan keterlibatan siswa;
Meningkatkan pemahaman konsep;
Meningkatkan daya ingat;
Mendorong pembelajaran kolaboratif.
Tips Merancang Media Visual Pembelajaran Dalam merancang sebuah media visual pembelajaran yang berbasis non-digital, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar penggunaan media tersebut dapat optimal dan sesuai dengan materi pembelajaran, seperti:
1. Identifikasi tema dan tujuan pembelajaran Sebagai langkah pertama pembuatan media visual pembelajaran, Anda perlu mengidentifikasi tema dan tujuan pembelajaran tersebut terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu untuk memastikan bahwa media interaktif yang akan digunakan memiliki fokus yang jelas sesuai dengan materi pembelajaran dan bermanfaat bagi siswa.
2. Penelitian bahan ajar Ketika sudah mengetahui tema dan tujuan pembelajaran, maka selanjutnya Anda dapat melakukan penelitian bahan ajar. Penelitian bahan ajar dapat berupa pencarian referensi serta memverifikasi keakuratan informasi yang akan disampaikan pada proses pembelajaran.
3. Menyusun materi Setelah berhasil melakukan penelitian bahan ajar dan mengumpulkan informasi terkait materi pembelajaran, maka saatnya Anda untuk menyusun materi ajar. Hal ini meliputi pemilihan konten, penyajian informasi, dan penyusunan interaksi.
4. Perencanaan desain interaksi Pada tahapan terakhir, Anda dapat melakukan desain interaksi. Dalam merancang desain interaksi, Anda perlu memperhatikan jenis interaksi, penentuan alur interaksi, perencanaan feedback , hingga penentuan desain tampilan.
Dalam proses merancang media visual pembelajaran, Anda juga perlu memperhatikan beberapa prinsip yang harus diterapkan agar media tersebut dapat menyampaikan pesan dengan efektif, yaitu:
Mudah dilihat;
Sederhana;
Akurat;
Menarik;
Bermanfaat;
Masuk akal.
Elemen-Elemen Dalam Media Visual Pembelajaran Kolaboratif Setelah berhasil merancang media visual yang akan dibuat, maka saatnya untuk membuat media pembelajaran tersebut. Beberapa elemen yang perlu diperhatikan dalam membuat media pembelajaran visual ini adalah:
1. Tata letak Anda perlu mempersiapkan teks judul, teks deskripsi, gambar, bagan dan lain-lain terlebih dahulu. Setelah itu baru seluruh unsur tersebut ditempatkan sesuai dengan tata letaknya agar terlihat rapi dan jelas.
2. Keseimbangan Ketika hendak menempatkan gambar dalam media pembelajaran, maka Anda perlu memastikan bahwa letak penempatannya simetris dan tersebar secara merata.
3. Warna Ketika memilih warna yang akan digunakan pada pembuatan media pembelajaran, Anda perlu memerhatikan hubungan antar warna, makna warna, serta kekontrasan warna yang dipilih dengan latar belakang.
4. Mudah terbaca Ketika membuat media visual pembelajaran, Anda harus memastikan bahwa font yang digunakan pada teks dapat dengan mudah dibaca oleh murid. Hal ini penting karena akan sangat berpengaruh pada daya serap siswa.
5. Unsur-unsur teks Selain memastikan bahwa teks mudah dibaca, Anda juga perlu memerhatikan ukuran huruf, spasi antar huruf dan baris, warna huruf, serta penggunaan huruf besar dan kecil.
6. Unsur-unsur daya tarik Unsur daya tarik dari sebuah media visual terdapat pada aspek kejutan yang mampu menarik perhatian siswa, selain itu dapat juga melalui kesesuaian tekstur visual dengan minat siswa, serta aspek kemampuan media visual tersebut dalam meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
Setelah berhasil merancang dan membuat media pembelajaran visual ini, Anda dapat langsung mengimplementasikannya di dalam kelas untuk membantu dalam penyampaian materi agar lebih efektif.
Evaluasi Media Visual dalam Pembelajaran Untuk menilai apakah media pembelajaran yang Anda terapkan dalam kelas sudah efektif atau belum dalam meningkatkan pemahaman siswa, maka Anda perlu untuk melakukan evaluasi. Beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan sebagai tolak ukur evaluasi adalah:
Siswa mengalami peningkatan dalam memahami makna kata, frasa, dan kalimat;
Siswa mampu mengembangkan imajinasi;
Siswa lancar dalam memahami dan memperkuat ingatannya terkait materi;
Tumbuhnya minat siswa;
Siswa memahami hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata;
Membuat proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif.
Pada kegiatan workshop ini, narasumber turut memberikan contoh dan mengajak para peserta untuk membuat media pembelajaran visual non-digital secara langsung. Hal ini bertujuan untuk membantu guru agar dapat lebih memahami setiap proses dalam membuat media pembelajaran ini, sehingga kedepannya guru akan lebih mudah untuk berkreasi dalam membuat media pembelajaran. Anda dapat menyaksikan kegiatan ini secara lengkap di sini!
Tingkatkan kualitas dan kompetensi mengajar Anda dimanapun serta kapanpun dengan bergabung menjadi anggota Guruinovatif.id . Akses berbagai event, kursus online serta fasilitas lainnya secara GRATIS selama 7 hari !
Gabung jadi membership GuruInovatif.id
Penulis: Audrey Abigail | Penyunting: Putra